SAYEMBARA BASA LAN SASTRA JAWA

KOMPETISI BAHASA DAN SASTRA JAWA

Bahasa Jawa adalah bahasa yang kaya. Dengan penutur yang tersebar di Indonesia menjadikan bahasa Jawa bahasa kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia. Semangat terus mempertahankan bahasa Jawa di era modern ini membuat Dinas Kebudayaan DIY mengadakan kegiatan Kompetisi Bahasa dan Sastra Jawa.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan Dinas Kebudayaan DIY dengan jumlah peserta yang tak sedikit. Pada tahun 2017 ini, kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 25 dan 26 November 2017, bertempat di SDN Lempuyangwangi, Jalan Hayamwuruk 9 Yogyakarta. Tema Kompetisi Bahasa dan Sastra Jawa tahun 2017 ini adalah “Greget Kawula Mudha mring Kabudayan Hanyengkuyung Istimewanipun Yogyakarta tumuju Raharjaning Buwana”. Pendaftaran dibuka tanggal 13 s.d. 20 November 2017 selama jam kerja di Sekretariat Panitia, Seksi Bahasa Jawa dan Seksi Sastra Jawa, Dinas Kebudayaan DIY, Jalan Cendana 11 Yogyakarta.

Ada 10 (sepuluh) jenis lomba yang dipertandingkan. Pada hari Sabtu, 25 November 2017 dilaksanakan 5 (lima) lomba, antara lain:

  1. Nyerat Aksara Jawa tingkat SD/MI
  2. Nyerat Aksara Jawa tingkat SMP/MTS
  3. Sesorah tingkat SMP/MTS
  4. Pranatacara tingkat SMA/SMK/MA
  5. Stand Up Comedy Bahasa Jawa tingkat SMA/SMK/MA, Mahasiswa, dan guru bahasa Jawa

Pada hari Minggu, 26 November 2017 juga dilaksanakan 5 (lima) lomba, antara lain:

  1. Macapat tingkat SD/MI
  2. Macapat tingkat SMP/MTS
  3. Maca Geguritan tingkat SD/MI
  4. Maca Cerkak tingkat SMP
  5. Dongeng Basa Jawa tingkat SMA/SMK/MA

 

 

Unduh poster lengkap dan keterangan lain

Materi Cerkak SMP

Materi Macapat SMP

Materi Macapat SD

Materi Geguritan SD